This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 18 April 2017

Pacu produktivitas IKM, Menperin bagikan 100 cangkul | Equityworld Futures

Equityworld Futures, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis 100 cangkul yang terdiri dari 50 buah kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dan 50 untuk pengguna di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai realisasi dari komitmen memacu produktivitas IKM sektor alat perkakas pertanian non-mekanik dan memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Cangkul tersebut produksi PT. Boma Bisma Indra (BBI) di Pasuruan dengan menggunakan bahan baku dari PT. Krakatau Steel (KS). Cangkul yang untuk IKM, baru jadi 75 persen, karena untuk dilanjutkan lagi proses produksinya. Sedangkan untuk petani, sudah 100 persen jadi," kata Menperin pada acara Sosialisasi Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku dan Alat perkakas Pertanian Dalam Negeri di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Penyerahan simbolis ini merupakan sebagian dari total 1.000 buah cangkul yang akan diserahkan kepada IKM dan pengguna. Nantinya, lanjut Airlangga, produsen cangkul baik skala IKM maupun industri besar segera bisa mendapatkan cangkul yang baru jadi 75 persen dengan logo Turangga dan berbahan baku medium carbon steel di PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan PT. Sarinah.

"Proses selanjutnya, pelaku IKM akan meningkatkan nilai tambah cangkul itu dengan dicat, ditajamkan, dan ditambah gagang kayu," jelasnya. 

Airlangga menambahkan, cangkul 75 persen tersebut akan dijual dengan kisaran harga Rp24.540 hingga Rp30.540, sesuai dengan hasil survei harga pasar yang telah dilakukan keempat BUMN (PT. KS, PT. BBI, PT. Sarinah, dan PT. PPI) di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Untuk  memenuhi kebutuhan produksi sebanyak 50.000 buah cangkul yang 75 persen, PT. BBI telah menggunakan 50 ton lembaran baja karbon SS400 dari PT. KS," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Menperin mengajak seluruh perusahaan BUMN, IKM, Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, serta pengguna cangkul seperti petani, pekerja proyek, pekerja tambang dan sebagainya untuk turut menyukseskan keberadaan industri alat perkakas pertanian di dalam negeri guna mendukung kemajuan perekonomian nasional.

"Langkah ini sekaligus mewujudkan kemandirian industri nasional," tegasnya.

Kemenperin mencatat, produsen alat perkakas pertanian yang berskala kecil dan menengah berjumlah 12.609 unit usaha, tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sentra alat perkakas pertanian yang cukup besar terdapat di provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan cangkul dapat dipenuhi produsen cangkul dalam negeri.

Seperti diketahui, sebelumnya telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku Untuk Pembuatan Alat Perkakas Pertanian antara PT. KS, PT. BBI, PT. PPI, dan PT. Sarinah pada tanggal 5 Januari 2017 di Kemenperin, Jakarta. 

Kesepakatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan alat perkakas pertanian non-mekanik pasar dalam negeri seperti cangkul, dodos, sekop, garu, dan egrek. Kebutuhan cangkul nasional saat ini sebanyak 10 juta unit per tahun.

"Sesuai dengan data yang kami miliki, kapasitas produksi industri cangkul dalam negeri adalah 14 juta unit per tahun," ungkap Airlangga.

Dirjen IKM Gati Wibawaningsih mengatakan, untuk menginformasikan skema mengenai pemenuhan kebutuhan alat perkakas pertanian tersebut kepada IKM, pihaknya akan melakukan acara sosialisasi secara bertahap di beberapa wilayah.

"Kami berharap skema ini akan mempermudah IKM dalam mendapatkan bahan baku cangkul berkualitas sehingga produk cangkul yang dihasilkan IKM memiliki daya saing tinggi dan yang terpenting dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," paparnya.

Gati juga menyampaikan, dalam memperkuat industri alat perkakas pertanian dalam negeri, pihaknya akan melakukan serangkaian pembinaan bagi IKM melalui fasilitasi penguatan sumber daya manusia dengan program kegiatan bimbingan teknis, pendampingan dan sertifikasi.

"Selain itu, kami juga akan memberikan bantuan mesin dan peralatan, peningkatan kualitas produk dan pengembangan pasar, penguatan sentra, peningkatan kemampuan Unit Pelayanan Teknis, serta penumbuhan wirausaha baru IKM," sebutnya.

Menurut Gati, keberadaan industri alat perkakas pertanian dalam negeri perlu terus mendapatkan perhatian dan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat selaku konsumen.

"Dengan adanya kemudahan akses ketersediaan bahan baku yang berkualitas, diharapkan dapat memajukan pelaku dan sektor industri alat perkakas pertanian," tegasnya.


Equityworld Futures

Senin, 17 April 2017

Jalur Puncak-Cipanas masih padat lancar | PT Equityworld

PT Equityworld, Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, terpantau lancar pada Minggu siang menjelang sore,  saat akhir libur panjang, meskipun di sejumlah titik sempat terlihat antrean panjang kendaraan.

Antrean sepanjang beberapa ratus meter terjadi menjelang pertigaan tempat wisata seperti Pertigaan Kebun Raya Cibodas, Hanjawar dan Pasar Cipanas. Antrian mulai terlihat dari depan Istana Cipanas menuju arah Bogor.

Puluhan petugas lalulintas Polres Cianjur, disiagakan di sejumlah titik rawan tersebut guna antisipasi terjadinya macet total menjelang sore.

"Kalau terjadi antrean panjang kendaraan, kami akan berkordinasi dengan Polres Bogor, untuk dilakukan sistem buka tutup satu arah menuju Bogor. Untuk saat ini, antrean masih bisa diatasi sehingga tidak memanjang," kata Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Hilman kepada wartawan.

"Menjelang sore kami melakukan sejumlah rekayasa arus agar tidak terjadi antrean panjang di jalur utama Puncak," katanya.

PT Equityworld

Jumat, 14 April 2017

Tarif tol Jakarta-Merak berubah, ini penjelasannya | Equity World

Equity World, Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengakui tarif tol ruas Jakarta-Tangerang-Merak berubah karena integrasi sistem transaksi pembayaran tol di ruas itu. 

"Betul, tarif berubah karena ruas Tangerang-Cikupa sistem terbuka dan Cikupa-Merak sistem tertutup," kata Kepala BPJT Herry TZ kepada pers usai meninjau Gerbang Tol Karang Tengah, di Jakarta, Senin. 

Melalui integrasi ini, kata Herry, transaksi tol di Gerbang Tol (GT) Karang Tengah sudah ditiadakan sejak pukul 00.00 WIB pada 9 April 2017.

Herry menjelaskan, para pengguna jalan tol arah Tangerang transaksinya di pintu keluar, sedangkan arah Jakarta dari Merak, transaksinya saat masuk tol. 

Dia memberikan contoh untuk rute pendek dari arah Tomang yang keluar di GT Kebon Jeruk tarifnya Rp7000 atau naik dari sebelumnya Rp2500 untuk golongan 1.

"Tarif ini adalah tarif terjauh. Jadi, jarak dekat menyubsidi yang jauh . Tarif terjauh Tomang-Cikupa sebelum sistem ini Rp8500, sekarang jadi Rp7000," katanya. 

Oleh karena itu, Herry menyarankan untuk mereka yang tujuan jarak pendek untuk tidak menggunakan tol. 

Herry juga mengakui penghitungan tarif untuk tarif integrasi ini menggunakan rumus jarak tempuh rata-rata dikalikan tarif. 

Oleh karena itu, Herry tidak merespon keluhan oleh pelanggan jarak pendek yang harus merogoh tarif jauh lebih tinggi, meski jarak tempuhnya sama. 

Herry juga tidak menanggapi pertanyaan mengapa sistem integrasi mengabaikan ketentuan tarif dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol tarif yang ditetapkan berdasarkan jarak tempuh per kilometer. 

"Konsekuensi perubahan tarif ini, saya minta kepada BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) harus terus disosialisasikan, " katanya. 

Tarif legal Herry yang didampingi Direktur Operasi PT Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Operasi PT Marga Mandala Sakti Soenaryo S, juga membantah konsekuensi perubahan tarif ini ilegal. 

"Tarif baru ini legal, " kata Terry. 

Herry menyebut, tarif tol integrasi ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 214.1/KPTS/M/2017 tanggal 3 April 2017.

Tarif yang berlaku mulai 9 April 2017 pukul 00.00 WIB untuk ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa sebagai berikut :

Tarif golongan I Rp7000, Rp9500 (II), Rp12.000 (III), Rp16.000 (IV) dan golongan V Rp20.000.

"Tujuan besar integrasi ini adalah efisiensi dan mengurai kepadatan Jalan Tol Jakarta-Tangerang karena simpul kepadatan di GT Karang Tengah telah dihilangkan sehingga lalu lintas terdistribusi di beberapa titik," demikian Herry.

Equity World

Kamis, 13 April 2017

Pahala paparkan strategi tingkatkan keuangan Garuda Indonesia | Equityworld Futures

Equityworld Futures, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala N Mansury memaparkan sejumlah strategi untuk memastikan keuntungan perusahaan, salah satunya dengan meninjau operasional dan keuangan perusahaan dalam jangka waktu satu tahun.

Pahala resmi menjabat sebagai Garuda Indonesia usai ditunjuk Menteri BUMN Rini Soemarno pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (12/4).

"Dari sisi biaya-biaya yang kita bisa review ulang dan hal lain dalam jangka satu tahun, perlu review dari sisi operasional, fleet dan rute," kata Pahala saat mendatangi Kantor Pusat Garuda Indonesia di Cengkareng, Rabu malam.

Pahala ingin memastikan presentase dari seluruh rute penerbangan Garuda Indonesia harus menguntungkan dan meningkat. Itulah yang menjadi salah satu fokus Dirut Garuda Indonesia yang baru tersebut menggantikan pejabat sebelumnya, Arif Wibowo.

Menurut dia, perlu ada program berjangka, baik 3-6 bulan, satu tahun dan 3-5 tahun untuk memastikan kondisi operasional dan keuangan perusahaan semakin kuat dan menguntungkan.

Selain efisiensi biaya, ia juga akan mengoptimalisasi armada kapal yang ada dan rute-rute penerbangan bersama tim baru yang di antaranya terdapat enam direksi baru yang diangkat saat RUPS.

"Pendapatan per penumpang industri ini mengalami penurunan signifikan karena persaingan tentuya. Bagaimana bisa mengoptimalkan pendapatan melalui strategi pricing, distribusi termasuk meningkatkan profitabilitas dari rute yang ada," ungkapnya.

Pahala yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan Bank Mandiri tersebut memaparkan strategi lainnya untuk meningkatkan pangsa pasar Garuda, baik di tingkat domestik maupun internasional. 

Ia mengaku akan mengintegrasikan Garuda Indonesia dengan anak perusahaan, Citilink, salah satunya dengan penggabungan poin "mileage" jarak tempuh guna menarik minat penumpang.

"Saat ini sudah ada inisiatif misalnya mileage dan loyalty program yang dimiliki saat ini sudah mulai tersambung dan akan lihat bagaimana integrasi tersebut kita tingkatkan lagi," kata Pahala.


Rabu, 12 April 2017

Menperin dan PBB bahas peningkatan daya saing industri nasional | PT Equityworld

PT Equityworld, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bersama Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Industrial Development Organization/UNIDO) membahas peningkatan daya saing industri di Indonesia.

"Salah satunya adalah pengembangan industri hijau, yang sejalan dengan visi UNIDO dalam upaya menciptakan pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto seusai melakukan One on One Meeting dengan Dirjen UNIDO Li Yong di sela-sela Global Manufacturing and Industrialisation Summit (GMIS) 2017 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Selain itu kami juga menyoroti peran industrialisasi sebagai driver pertumbuhan ekonomi nasional,� ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu.

Menperin mengatakan pembahasan tersebut sekaligus menindaklanjuti kesepakatan proyek kerja sama yang tertuang dalam UNIDO-Indonesia Country Programme (ICP) 2016-2020.

Misalnya, untuk penerapan prinsip industri hijau, upaya bersama yang akan dilakukan seperti mempromosikan efisiensi energi pada industri kecil dan menengah di Indonesia.

�Selanjutnya, mempromosikan penerapan sistem standar optimasi dan manajemen energi di Indonesia, pemanfaatan energi terbarukan lain seperti dari ombak laut,� tutur Airlangga.

Upaya lainnya, pengenalan Environmentally Sound Management dan Disposal System untuk limbah PCB serta Best Available Techniques (BAT) dan Best Environmental Practices (BEP) untuk proses pemanasan termal dalam industri logam di Indonesia.

Sementara itu, untuk memacu kapasitas industri nasional, Indonesia diharapkan mampu beralih dari jualan komoditi mentah menjadi ekspor produk manufaktur yang bernilai tambah tinggi sehingga meningkatkan partisipasinya dalam rantai nilai global.

�Apalagi, multiplier effect pengembangan industri akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan nasional,� ujarnya. 

Merujuk data BPS, sepanjang tahun 2016, industri pengolahan non-migas secara kumulatif tumbuh sekitar 4,42 persen dengan memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional mencapai 18,20 persen atau sumbangan tertinggi dibandingkan sektor lainnya.

Pada tahun 2017, industri pengolahan non-migas diproyeksikan tumbuh di kisaran 5,2-5,4 persen dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1-5,4 persen.

Berdasarkan International Yearbook of Industrial Statistic 2016 yang diterbitkan oleh UNIDO, Indonesia berhasil masuk ke dalam 10 besar negara industri manufaktur terbesar di dunia.


PT Equityworld

Selasa, 11 April 2017

Tarif tol Jakarta-Merak berubah, ini penjelasannya | Equity World

Equity World, Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengakui tarif tol ruas Jakarta-Tangerang-Merak berubah karena integrasi sistem transaksi pembayaran tol di ruas itu. 

"Betul, tarif berubah karena ruas Tangerang-Cikupa sistem terbuka dan Cikupa-Merak sistem tertutup," kata Kepala BPJT Herry TZ kepada pers usai meninjau Gerbang Tol Karang Tengah, di Jakarta, Senin. 

Melalui integrasi ini, kata Herry, transaksi tol di Gerbang Tol (GT) Karang Tengah sudah ditiadakan sejak pukul 00.00 WIB pada 9 April 2017.

Herry menjelaskan, para pengguna jalan tol arah Tangerang transaksinya di pintu keluar, sedangkan arah Jakarta dari Merak, transaksinya saat masuk tol. 

Dia memberikan contoh untuk rute pendek dari arah Tomang yang keluar di GT Kebon Jeruk tarifnya Rp7000 atau naik dari sebelumnya Rp2500 untuk golongan 1.

"Tarif ini adalah tarif terjauh. Jadi, jarak dekat menyubsidi yang jauh . Tarif terjauh Tomang-Cikupa sebelum sistem ini Rp8500, sekarang jadi Rp7000," katanya. 

Oleh karena itu, Herry menyarankan untuk mereka yang tujuan jarak pendek untuk tidak menggunakan tol. 

Herry juga mengakui penghitungan tarif untuk tarif integrasi ini menggunakan rumus jarak tempuh rata-rata dikalikan tarif. 

Oleh karena itu, Herry tidak merespon keluhan oleh pelanggan jarak pendek yang harus merogoh tarif jauh lebih tinggi, meski jarak tempuhnya sama. 

Herry juga tidak menanggapi pertanyaan mengapa sistem integrasi mengabaikan ketentuan tarif dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol tarif yang ditetapkan berdasarkan jarak tempuh per kilometer. 

"Konsekuensi perubahan tarif ini, saya minta kepada BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) harus terus disosialisasikan, " katanya. 

Tarif legal Herry yang didampingi Direktur Operasi PT Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Operasi PT Marga Mandala Sakti Soenaryo S, juga membantah konsekuensi perubahan tarif ini ilegal. 

"Tarif baru ini legal, " kata Terry. 

Herry menyebut, tarif tol integrasi ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 214.1/KPTS/M/2017 tanggal 3 April 2017.

Tarif yang berlaku mulai 9 April 2017 pukul 00.00 WIB untuk ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa sebagai berikut :

Tarif golongan I Rp7000, Rp9500 (II), Rp12.000 (III), Rp16.000 (IV) dan golongan V Rp20.000.

"Tujuan besar integrasi ini adalah efisiensi dan mengurai kepadatan Jalan Tol Jakarta-Tangerang karena simpul kepadatan di GT Karang Tengah telah dihilangkan sehingga lalu lintas terdistribusi di beberapa titik," demikian Herry. 

Equity World

Senin, 10 April 2017

Permenhub angkutan online akomodasi keinginan publik | Equityworld Futures

Equityworld FuturesRencana pengesahan revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 32 Tahun 2016 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek sudah benar dan mengakomodasi keinginan publik, kata pakar ekonomi senior Rhenald Kasali.

"Sudah benar Kemhub dengan mengakomodir keinginan publik. Cuma memang banyak yang belum memahami saja," kata Rhenald dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat 

Dia juga menanggapi positif adanya kolaborasi dua perusahaan berbeda dasar yakni Blue Bird yang merupakan usaha taksi konvensional dan GO-JEK, usaha berbasis aplikasi yang baru meluncurkan GO-Blue Bird.

"Ya, itu satu langkah lebih maju. Pepatah mengatakan jika kamu tak bisa kalahkan mereka maka bergabunglah dengan mereka. Di situ ada peran melengkapi sekaligus bangun bentuk baru," kata dia.

Bentuknya GO-JEK adalah berbagi ekonomi, sedangkan Blue Bird adalah pemilik ekonomi. Lebih bagus lagi bila Blue Bird ubah bentuknya, sehingga bisa menyerap industri ini dan memberikan lebih besar nilai kejaringan dan pelanggannya.

Ketika Menteri Perhubungan menerapkan PM 32/2016, kata Rhenald, kuncinya ada di Pemda agar mendengar dan memahami perubahan pasar. Bahwa sebagian besar pemain lama berada dalam ancaman tetapi bukan berarti harus menghalangi pembaharuan.

"Mereka harus bersama-sama mengoreksi diri karena pemerintah sudah mengakui keberadaan dunia online dan menjadi sektor usaha yang resmi," tegasnya.

Pekerjaan rumah Pemda adalah bagaimana menjaga komunitas baru ini agar jangan berlebih lagi, seperti angkot saat pemerintah membuka pasar sepeda motor dulu.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi juga menanggapi positif kolaborasi dua operator berbeda sistem itu.

"Ini positif karena sudah saatnya bergabung agar terhindar dari minimnya konsumen karena banyak yang beralih ke angkutan online," kata Tulus.

Menurut Tulus, diterapkannya regulasi juga penting, agar tidak ada yang merasa dirugikan, karena memang diperlukan peraturan yang memayungi usaha taksi online.

Dia menyebutkan bahwa operator lainnya juga sudah saatnya berkolaborasi. Dengan begitu maka pelayanan menjadi lebih mudah dan nyaman.

Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen W Tangkudung menambahkan, kolaborasi antara Go Jek dan Blue Bird baik sekali karena mencerminkan adanya kesamaan tujuan.

"Cuma koordinasi antara pemerintah dan daerah harus lebih intens. Dalam hal ini pemerintah pusat jangan lepas tangan, Pemda harus dikawal," kata Ellen. Hal itu dinilai baik lantaran dalam aturan itu sudah termaktub soal kuota dan pembatasan.


Equityworld Futures

Jumat, 07 April 2017

Kuwait teken kesepakatan miliaran dolar untuk pasok minyak ke Mesir | PT Equityworld

PT Equityworld, Kuwait  pada Rabu (5/4) menandatangani kesepakatan bernilai miliaran dolar untuk memasok minyak mentah dan produk perminyakan ke Mesir untuk tiga tahun ke depan. 

Berdasarkan kesepakatan, Kuwait akan memasok dua juta barel minyak mentah per bulan dan 1,5 juta ton produk perminyakaan per tahun ke Mesir untuk tiga tahun ke depan, menurut keterangan perusahaan milik negara Kuwait Petroleum Corp.

Perusahaan tersebut mengatakan kesepakatan itu mencapai nilai lebih dari empat miliar dolar Amerika berdasarkan harga pasar saat ini. 

Kesepakatan berjangka tiga tahun sebelumnya, yang diteken setelah militer Mesir menggulingkan presiden Mohamed Morsi, berakhir pada Desember tahun lalu. 

Kuwait merupakan salah satu negara Teluk yang menawarkan bantuan miliaran dolar kepada Mesir usai penggulingan Morsi pada Juli 2013, demikian AFP.


PT Equityworld

Kamis, 06 April 2017

Harga cabai rawit di Pontianak Rp70 ribu | Equity World


Equity WorldHarga cabai rawit di sejumlah pasar yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, sudah kembali normal dan hal itu dapat terlihat di antaranya di Pasar Flamboyan Pontianak Rp70 ribu perkilogram.

"Harga cabai rawit lokal sudah normal seperti sedia kalanya, yakni rata-rata yang menjual Rp70 ribu perkilogram. Harganya normal karena pasokan cabai rawit sudah banyak," ujar satu di antara Pedagang Pasar Flamboyan, Hayan di Pontianak, Rabu.

Hayan menjelaskan, untuk harga cabai rawit dari Pulau Jawa bahkan jauh lebih murah. Perkilogramnya saat ini ada yang menjual Rp50 ribu.

"Turunnya harga cabai di Pontianak sedikit-sedikit. Intinya kalau stok banyak seperti ini maka harga normal," kata dia.

Ia menambahkan, untuk daya beli masyarakat terhadap cabai saat ini sudah meningkat seiring harga normal. 

"Biasanya ketika harga cabai mahal orang beli satu dua ons. Sekarang sudah ada yang beli pakai kilogram karena memang lebih murah sekarang," katanya.

Sementara untuk kebutuhan pokok lainnya di Pasar Flamboyan Pontianak, seperti telor ayam, gula dan bawang merah yang rentan terhadap fluktasinya harga saat ini masih stabil. Hanya saja untuk ayam pedaging, semula Rp22 ribu perkilogram kini ada kenaikan menjadi Rp26 ribu perkilogram. 

Equity World

Rabu, 05 April 2017

Sultan setuju batasi penambahan taksi di Yogyakarta | Equityworld Futures

Equityworld FuturesGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan HB X menyetujui usul mengenai pembatasan penambahan armada taksi berbasis aplikasi dalam jaringan di daerah itu.

"Memang diperlukan pembatasan. Tidak perlu terlalu banyak karena DIY ini kan wilayahnya sempit," kata Sultan di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Namun Sultan belum bisa memperkirakan jumlah ideal penambahan taksi berbasis aplikasi dalam jaringan yang akan diatur dalam Peraturan Gubernur. 

"Harus ada kesepakatan dulu (antarpengelola taksi), penambahan taksi itu cukup proporsional tidak," katanya.

Saat ini, menurut dia, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta masih menyusun Peraturan Gubernur turunan dari revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 yang di antaranya mengatur operasional layanan taksi yang pemesanannya dilakukan lewat aplikasi daring di wilayah itu. 

"Turunanya baru akan kami selesaikan," kata dia.

Mengenai pembentukan wadah berbadan hukum sebagai salah satu kewajiban taksi sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, Sultan menilai itu tidak perlu dipandang sebagai aturan yang rumit. 

Taksi, kata Sultan, tinggal memilih apakah bergabung dengan dengan badan hukum pengelola taksi yang sudah ada, atau membentuk wadah sendiri.

"Yang penting sopir taksinya tidak bergantian," kata dia.

Sebelumnya, Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY meminta penambahan armada taksi berbasis aplikasi dalam jaringan di daerah itu dibatasi maksimal 10 persen dari jumlah taksi reguler yang ada saat ini.

Sesuai Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 86 tahun 2014, jumlah taksi di DIY dibatasi 1.050 unit yang meliputi 1.000 taksi reguler dan 50 taksi premium. 

Ketua Organda DIY Agus Adrianto mengatakan okupansi taksi reguler di DIY turun signifikan dari 65 persen sebelum ada layanan taksi daring, menjadi 35 persen.

Equityworld Futures

Selasa, 04 April 2017

Harga kakao di Majene terus turun | PT Equityworld

PT EquityworldHarga kakao petani di Kabupaten Majene Sulawesi Barat mengalami penurunan dalam sebulan terakhir dari harga Rp40.000 per kilogram menjadi Rp22.000 per kilogram.

Rijal pedagang pengumpul kakao di Majene, Selasa mengatakan sejak sebulan terakhir harga kakao turun sekitar Rp18.000 perkilogram yakni dari harga Rp40.000 perkilogram menjadi Rp22.000 perkilogram.

Ia mengatakan, pedagang distributor kakao yang omzetnya lebih tinggi di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menetapkan harga kakao rendah sehingga pedagang pengumpul kakao juga membeli kakao petani dengan harga rendah.

"Kakao yang kami beli dari petani di Kecamatan Ulumanda harganya rendah karena pedagang besar di Makassar juga menetapkan harga rendah," katanya.

Menurut dia, pedagang pengumpul tidak bisa menghindari rendahnya harga kakao karena akan mengalami kerugian ketika tidak mengikuti harga ditetapkan pedagang besar.

Salah seorang petani kakao, Afdal, harga kakao mengalami penurunan dikeluhkan karena merugikan petani setelah mengeluarkan biaya merawat kakaonya.

"Menurunnya harga kakao tersebut menyebabkan sebagian petani kakao mengalami kerugian setelah mengeluarkan biaya modal pemeliharaan tanaman perkebunannya, sehingga berharap agar pemerintah membantu menormalkan kembali harga kakao petani," katanya.

PT Equityworld

Senin, 03 April 2017

KAI tambah tujuh lokomotif untuk Sumut | Equity World

Equity WorldPerseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (KAI) menambah tujuh lokomotif untuk memperkuat layanan angkutan kereta api, khususnya barang, di Sumatera Utara.

"Tujuh lokomotif seri CC201 yang didatangkan dari Sumatera Selatan itu akan masuk melalui Pelabuhan Belawan pada pekan ini," kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq di Medan, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa tambahan lokomotif bertujuan meningkatkan pelayanan angkutan, khususnya barang

Direncanakan, dari tujuh lokomotif tambahan itu, sebanyak empat lokomotif untuk angkutan barang dan tiga lokomotif lainnya untuk kereta penumpang.

Dengan bertambahnya tujuh lokomotif, jumlah lokomotif di wilayah Sumut ada 35 lokomotif.

"Manajemen KAI memang sedang berupaya meningkatkan layanan angkutan barang menyusul potensinya yang cukup besar," kata Mateta

Potensi yang besar, khususnya pada angkutan komoditas sawit.

Dengan bertambahnya lokomotif, manajemen KAI menargetkan volume barang yang diangkut pada tahun ini juga meningkat.

Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut M. Ilud Siregar menambahkan bahwa pada tahun 2016 volume angkutan barang sudah mencapai 655.805 ton dari 2015 yang 613.000 ton.

Kenaikan volume angkutan barang pada tahun 2017 karena adanya angkutan peti kemas yang sudah mulai diuji coba pada tahun 2016 sebesar 252.000 TEUs

Selain komoditas, lanjut dia, angkutan barang KAI berupa bahan bakar minyak (BBM) dan hantaran parsel.

"Dalam upaya meningkatkan angkutan volume itulah, selain memperluas dan menambah jumlah perjalanan kereta api, juga menambah jumlah lokomotif," katanya.

KAI, kata Ilud, juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mengangkut produknya.

Equity World

Jumat, 31 Maret 2017

China yakin KA cepat Jakarta-Bandung tepat waktu | Equityworld Futures

Equityworld FuturesPemerintah China merasa yakin mampu mengerjakan proyek kereta berkecepatan tinggi dengan rute Jakarta-Bandung akan selesai tepat waktu pada akhir 2019.

"China sepenuhnya percaya diri dalam penyelesaian awal pembangunan dan pengoperasian kereta api. Ketika kami datang untuk menimbang proyek ini, maka lebih baik untuk mendengar kata-kata dari peserta proyek, yaitu kami dan Indonesia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang dalam pernyataan pers yang dikeluarkan di Beijing, Jumat.

Pernyataan tersebut untuk menanggapi salah satu pemberitaan kantor berita asing bahwa proyek yang sempat menjadi rebutan antara China dan Jepang tersebut berjalan lambat.

Menurut sepengetahuannya, pekerjaan persiapan untuk pembangunan semua bagian proyek tersebut terus berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah China, pemerintah Indonesia, dan perusahaan yang terlibat. 

"Kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung merupakan proyek sistematis yang besar. Prosedurnya berawal dari negosiasi kontrak, studi kepatuhan, desain rute, pembebasan lahan, survei lapangan, dan persiapan konstruksi. Untuk pembangunan semua bagian, penyelesaian dan pengoperasian, semua memakan waktu," paparnya.

Menurut dia, bisa saja timbul masalah dari salah satu tahapan berikut yang sedikit menghambat pekerjaan. 

"Namun sejak pembangunan bagian penting proyek itu dimulai tahun lalu, China dan Indonesia telah bekerja sangat erat untuk mendorong semua pekerjaan sebagai upaya terbaik mereka," katanya menambahkan.

Lu menjelaskan bahwa kedua belah pihak saat ini saling berkonsultasi terkait kontrak dan perjanjian pinjaman untuk pengadaan teknis konstruksi (EPC). 

"Sejauh yang kami tahu, kedua belah pihak akan segera menandatangani perjanjian ini dalam waktu dekat," ujarnya.

Ia melihat proyek tersebut akan menjadi kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara yang merupakan hasil kerja kerja sama praktis kedua negara. 

"Proyek tersebut bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kedua belah pihak bertekad untuk bekerja sama. Perusahaan dan lembaga keuangan dari kedua negara telah menjalin hubungan sangat dekat," kata Lu menambahkan. 

Equityworld Futures

Kamis, 30 Maret 2017

DPR dengarkan aspirasi ADO soal angkutan online | PT Equityworld

PT EquityworldKomisi V DPR RI mendengarkan penjelasan, usulan, dan aspirasi dari Asosiasi Driver Online (ADO) mengenai persoalan pengoperasian jasa angkutan berbasis online.

"Kami akan mendengar penjelasan, usulan, dan aspirasi dari para driver angkutan online. Hal ini dapat menjadi bahan masukan untuk dibicarakan dengan Kementerian Perhubungan," kata Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemy Francis, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Fary, usulan dan aspirasi dari para driver angkutan online dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi V DPR RI, Rabu, juga dapat menjadi masukan bagi Kementerian Perhubungan dalam membuat kebijakan transpormasi.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, ada lima catatan yang ditampung Komisi V dari RDPU tersebut, yakni dorongan untuk segera mengimplementasikan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 32 Tahun 2016.

Kemudian, berbagai masukan tentang bagaimana aturan bagi kendaraan roda dua yang menjadi kendaraan umum, karena hal itu belum diatur dalam undang-undang tetapi menjadi kebutuhan masyarakat.

Usulan lainnya, kata dia, soal solusi yang dapat saling menguntungkan antara angkutan konvensional dengan angkutan berbasis online.

"Komisi V akan mengagendakan untuk bertemu dengan para pengelola angkutan online maupun konvensional, sehingga tidak hanya di tataran bawah yang kompak, tapi juga di tataran pembuat kebijakan dapat
mendukung. Hasil akhirnya, bagaimana masyarakat tidak tidak merasa dirugikan," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Permenhub No. 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Semula peraturan tersebut akan diberlakukan mulai 1 April 2017, tapi masihmenghadapi kendala, terutama dari muatan pengaturan yang belum dapat diterima sepenuhnya oleh sejumlah pihak terkait dengan jasa angkutan orang berbasis online.

PT Equityworld