Senin, 02 Maret 2020

PT Equityworld Futures : Emas Naik Didorong Ekspektasi Penurunan Suku Bunga karena Virus


Equityworld FuturesHarga emas melonjak lebih dari 1% dan pulih dari kejatuhan besar pada sesi sebelumnya di tengah penyebaran cepat virus covid-19 dan ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS, Fed.
Menurut laporan Reuters, XAU/USD menguat sebesar 0,9% di $1,599.15 per ons pada pukul 6.01 AM GMT, setelah naik 1% lebih pada awal sesi. Emas berjangka AS melonjak 2,2% di $1,601.20.
Emas telah jatuh lebih dari 4,5% pada Jumat silam. Logam mulia ini bergabung dengan aksi jual pasar yang luas karena investor melikuidasi posisi untuk memenuhi syarat margin call pada aset lain.


Ketua Fed AS Jerome Powell mengatakan bahwa di kala ekonomi AS tetap kuat, virus covid-19 "menimbulkan risiko yang terus berkembang" dan bank sentral siap untuk mengambil tindakan jika diperlukan. Suku bunga yang rendah mengurangi biaya peluang memiliki emas fisik yang tidak memberikan imbal hasil.
Fed fund futures menunjukkan bahwa trader mengharapkan penurunan suku bunga sebanyak 75 basis poin oleh bank sentral AS pada pertemuan kebijakan moneter bulan Maret.
Logam lain juga berhasil kembali menguat setelah jatuh pada hari Jumat. Paladium naik 1,7% ke $2,638.21 per ons setelah anjlok 13% - persentase penurunan satu hari terbesar sejak terjadi krisis keuangan 2008 - pada sesi terakhir.
Platinum naik 1,6% di $877,52, sementara perak melonjak 1,8% di $16,95 setelah kedua logam ini jatuh ke tingkat terendah sekitar enam bulan pada sesi sebelumnya.


0 komentar:

Posting Komentar