Jumat, 05 Januari 2018

PT Equityworld Futures Samarinda : Saham Asia di dekat rekor tertinggi, dolar melemah menjelang pekerjaan, data upah


PT Equityworld Futures Samarinda - Saham Asia beringsut mendekati rekor tertinggi pada hari Jumat karena data pekerjaan A.S. menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat meskipun greenback itu lembut karena momok inflasi jinak membatasi imbal hasil obligasi domestik.

Indeks MSCI terbesar di Asia-Pasifik di luar Jepang (MIAPJ0000PUS) naik hampir 0,4 persen menjadi 585,0, sekitar satu persen dari seluruh puncaknya yang mencapai 591,5 hit pada bulan November 2007, dipimpin oleh kenaikan di Australia (AXJO) dan Korea Selatan (KS11 ).

Nikkei Jepang (N225) naik 0,9 persen ke level tertinggi 26 tahun.

Spread-betters melihat pembukaan campuran di Eropa, dengan FTSE Inggris terlihat turun 0,1 persen dan indeks DAX Jerman naik tipis 0,1 persen.

Ukuran saham MSCI di seluruh dunia (MIWD00000PUS) telah meningkat 2,11 persen sejauh minggu ini, menempatkannya pada jalur untuk mencatat kinerja mingguan terbaiknya sejak kenaikan 2,12 persen pada pertengahan Juli.

Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADS A.S. pada hari Kamis menunjukkan bahwa perusahaan swasta A.S. menambahkan 250.000 pekerjaan pada bulan Desember, kenaikan bulanan terbesar sejak bulan Maret dan jauh di atas ekspektasi ekonom terhadap kenaikan 190.000.

Itu membantu Dow Jones Industrial Average (DJI) berlayar melampaui angka 25.000 untuk pertama kalinya. S & P 500 (SPX) menguat 0,40 persen sementara Nasdaq Composite (IXIC) menguat 0,18 persen, keduanya mencatat rekor tertinggi penutupan. (N)

Data tersebut juga mendorong ekspektasi data gaji hari Jumat oleh Departemen Tenaga Kerja A.S., di mana ekonom memperkirakan pertumbuhan pekerjaan nonfarmer sebesar 190.000 di bulan Desember.


PT Equityworld Futures Samarinda : Saham Asia di dekat rekor tertinggi, dolar melemah menjelang pekerjaan, data upah


Meskipun ada tanda-tanda pasar tenaga kerja A.S. yang kuat, dolarnya lembut, melayang di atas level terendah tiga bulan terhadap sekeranjang mata uang utama.

Indeks dolar (DXY) berada di 91,877, mendekati level terendah tiga bulan di hari Selasa di 91,751.

"Dolar terlihat sangat lemah saat ini Dan saya pikir alasannya turun ke fakta bahwa imbal hasil obligasi jangka panjang A.S. sangat rendah meskipun kenaikan suku bunga Fed," kata Masashi Murata, ahli strategi mata uang senior di Brown Brothers Harriman.

Hasil obligasi Treasury 10-tahun AS mencapai 2,460 persen (US10YT = RR), di bawah puncak tujuh bulan sebesar 2,504 persen yang disentuh pada 21 Desember. Tingkat tersebut sedikit berbeda dari sekitar setahun yang lalu, bahkan setelah suku bunga menaikkan suku bunga Fed tiga kali tahun lalu dan ekspektasi pasar untuk tiga kenaikan di tahun 2018.

Membatasi imbal hasil obligasi jangka panjang A.S. adalah ekspektasi bahwa inflasi akan tetap jinak karena pertumbuhan upah lebih lambat dari sebelum krisis keuangan 2007-2008.

Dalam hal itu, rata-rata data pendapatan per jam yang jatuh tempo pada pukul 13.30 GMT, bersama dengan angka gaji, dapat menarik perhatian lebih, mengingat pertumbuhan upah merupakan faktor kunci di balik tren inflasi.

Baca juga: PT Equityworld Futures Samarinda : Trump Cari Kesepakatan Perdagangan Korea Selatan Di tengah Ketegangan Nuklir

Para ekonom memperkirakan upah A.S. telah meningkat 2,5 persen dari tahun sebelumnya di bulan Desember, sama seperti di bulan November.

Euro bertahan di $ 1,2070, memegang kenaikan sejauh ini minggu ini sebesar 0,6 persen dan mendekati puncak 2-1 / 2 tahun $ 1.2092 yang ditetapkan pada awal September.

Data inflasi konsumen zona euro, yang dijadwalkan pada pukul 1000 GMT, diperkirakan akan meredakan 1,4 persen pada Desember dari 1,5 persen di bulan November.

Namun data inflasi Jerman yang lebih kuat dari perkiraan yang dipublikasikan akhir tahun lalu memicu spekulasi pembacaan yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat mendorong harapan Bank Sentral Eropa dapat bergerak lebih cepat untuk mengakhiri rangsangannya.

Banyak mata uang ekonomi berkembang telah menguat bahkan lebih terhadap dolar minggu ini karena investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi.

Sejak awal 2018, angka Brasil langsung naik 2,4 persen, peso Meksiko 1,8 persen, rupiah Indonesia 1,1 persen dan rupee India 0,7 persen.

Di sisi lain, yen, yang juga cenderung digunakan sebagai mata uang pendanaan untuk investasi pada aset dengan yield lebih tinggi, telah kehilangan 0,3 persen terhadap dolar minggu ini menjadi 113,02 yen.

Namun beberapa pelaku pasar juga mengatakan bahwa pergerakan pasar sejauh ini sebagian besar didorong oleh spekulator jangka pendek dan banyak investor jangka panjang berada di tengah lapangan, setidaknya menghambat valuasi saham di A.S. dan beberapa negara lainnya.

"Sejauh yang saya lihat, investor uang riil telah berhati-hati, jadi saya akan menyarankan untuk tidak terlalu banyak membaca pergerakan pasar tahun ini," kata Kazushige Kaida, kepala valuta asing di State Street Bank di Tokyo.

Di pasar komoditas, harga minyak melunak sedikit namun berada di dekat level tertinggi sejak Mei 2015 karena kekhawatiran tentang risiko pasokan akibat kerusuhan di Iran dan penurunan persediaan A.S. lainnya karena aktivitas penyulingan mencapai level tertinggi dalam 12 tahun.

Minyak mentah A.S. (CLc1) turun menjadi $ 61,97 per barel setelah naik ke level $ 62,21 pada sesi sebelumnya. Patokan internasional Brent futures (LCOc1) diambil $ 68.02.

Sumber Reuters & PT Equityworld Futures Samarinda

0 komentar:

Posting Komentar