Kamis, 05 Desember 2013

Emas Semakin Tertekan Paska Data PMI Manufaktur

Emas Semakin Tertekan Paska Data PMI Manufaktur

 

Financeroll – Perdagangan bursa komoditi emas di hari Senin(2/12), harga emas telah lanjut menurun setelah dirilisnya data PMI manufaktur di wilayah zona euro dan Inggris yang mengalami ekspansi di bulan November.

Selama berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, harga emas pengiriman Februari telah turun 1.10% di level $1,236.70 pada divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sedangkan pada harga logam mulia di bulan November 2013 lalu, telah alami penurunan sebesar 5.4% yang merupakan penurunan bulanan terbesar sejak Juni, ketika perkiraan bahwa The Fed akan segera melakukan pemangkasan program stimulusnya. Sedangkan harga emas terpantau alami penurunan sebesar 26% sepanjang tahun 2013.
Harga emas hari ini terlihat lanjutkan penurunan setelah dirilisnya sebuah data resmi yang menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan aktifitas manufaktur di wilayah zona euro dan Inggris. Kelompok riset pasar, Markit mengatakan bahwa hasil akhir PMI zona euro telah naik menjadi 51.6 di bulan November, dari 51.5 di bulan Oktober. Sementara itu, pada laporan lainnya Markit juga telah merilis sebuah data yang memperlihatkan bahwa hasil akhir PMI Inggris telah naik menjadi 58.4 di bulan November, dari 56.0 di bulan Oktober.

0 komentar:

Posting Komentar