Jumat, 08 Juli 2016

8 Juli 2016 : Non Farm Payrolls AS Dan Employment Change Canada

bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Current account mengukur perbedaan nilai impor dan ekspor barang dan jasa, aliran modal yang masuk dan dana yang ditransfer keluar selama periode sebulan. Neraca perdagangan adalah bagian dari current account. Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika dana yang keluar lebih besar maka current account akan defisit. Surplus current account akan menyebabkan permintaan mata uang Yen meningkat, dan sebaliknya defisit current account akan cenderung memperlemah Yen.



Bulan April lalu Current Account Jepang mengalami surplus ¥ 1.63 trilliun, lebih rendah dari perkiraan yang akan surplus ¥ 2.04 trilliun dan adalah surplus terendah dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan Current Account Jepang akan kembali surplus ¥ 1.52 trilliun. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 13:00 WIB: data neraca perdagangan Jerman bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Neraca perdagangan merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Jerman. Jerman merupakan negara ekonomi terbesar kawasan Euro yang berorientasi ekspor, oleh karenanya data perdagangan negara ini akan berpengaruh pada mata uang Euro. Perdagangan Jerman dibagi atas 2 bagian yaitu perdagangan antara Jerman dan negara kawasan Euro (intra Euro zone) dan antara Jerman dan negara-negara lain diluar kawasan (extra Euro zone). Extra Euro zone lebih berdampak pada neraca perdagangan total kawasan Euro dan nilai mata uang Euro.

Sejak kwartal terakhir tahun 2012 neraca perdagangan Jerman selalu surplus. Bulan April 2016 lalu surplus sebesar € 24.0 milyard, lebih tinggi dari perkiraan yang akan surplus € 21.4 milyard dan merupakan surplus tertinggi sejak Oktober 2015. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan perdagangan Jerman akan kembali surplus € 22.3 milyard. Jika surplus lebih tinggi dari perkiraan maka akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 15:30 WIB: data neraca perdagangan Inggris bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Rilis neraca perdagangan Inggris secara rinci dibagi atas 3 item yaitu:
1. Visible Trade Balance yang hanya terdiri dari produk barang-barang fisik dan tidak menyertakan yang non fisik atau jasa. Item ini sering juga disebut dengan Trade Balance on Goods atau Merchandise Trade Balance.
2. Non European Union Trade Balance, yaitu neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap negara-negara diluar Uni Eropa.
3. Total Trade Balance atau neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap seluruh negara partner dagang Inggris. Neraca perdagangan total merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Inggris.
Diantara ke 3 item tersebut yang paling berdampak adalah Visible Trade Balance, dan istilah neraca perdagangan selalu mengacu pada item ini.

Sejak kwartal terakhir 2012 perdagangan Inggris selalu defisit. Bulan April 2016 defisit sebesar £10.5 milyard, lebih baik dari perkiraan yang akan defisit £11.1 milyard dan bulan Maret yang defisit £10.6 milyard. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan perdagangan Inggris akan kembali defisit sebesar £10.2 milyard. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 19:30 WIB: data Non Farm Payrolls AS bulan Juni 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Data Non-Farm Payrolls (NFP) yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS ini mengukur perubahan jumlah tenaga kerja diluar sektor pertanian selama periode sebulan lalu. Data ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

                     


0 komentar:

Posting Komentar