Selasa, 01 Oktober 2019

PT Equityworld Futures : Aksi Jual Jelang Golden Week di Cina Dorong Penurunan Bitcoin


Equityworld Futures - Pekan lalu adalah minggu yang berat bagi Bitcoin (BTC) karena sentimen beralih dari bullish ke bearish setelah harga turun dari di bawah level $10.000 menjadi di bawah level $8.000 dalam hitungan jam pada 24 September silam. Setelah naik sesaat, Bitcoin bergerak di kisaran harga $8.400 selama 48 jam sebelum akhirnya terjun ke level $7.740.
Menurut artikel yang dilansir Cointelegraph, pergerakan tersebut menghasilkan badai kicauan di twitter mulai dari yang berpandangan bullish sampai bearish yang mengambil kesempatan meledek siklus kemerosotan yang sering ditampilkan Bitcoin kepada para pendukungnya.
Volatilitas Ini Sesuai Perkiraan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pergerakan minggu lalu sudah mulai terlihat ketika Moving Average Convergence Divergence (MACD) pada grafik mingguan kembali melintasi wilayah bearish pada bulan Agustus.
Terakhir kali ini terjadi tepat sebelum pasar mengalami tren bearish pada tahun 2018 dan siapa pun yang memiliki posisi substansial Bitcoin pasti sudah mengetahui hal ini. Investor baru mungkin tidak mengharapkan pelemahan itu terjadi, tetapi fakta bahwa kita telah melihat pergerakan ini pernah terjadi sebelumnya.


Ekspektasi Jangka Pendek
Indikator Bollinger Band pada grafik bitcoin 4 jam bisa memperlihatkan batas atas dan bawah mengetat, yang menyebabkan kisaran support dan resisten jatuh antara level $8.300 dan $7.900. Ketika mendekati penutupan 4 jam, trader hanya bisa menunggu dengan cemas dan melihat apakah itu merupakan pergerakan naik atau turun.
Perlu dicatat Bitcoin telah merusak level support hampir setiap hari dalam sepekan ini namun, 2 hari terakhir Bitcoin telah ditolak. Lilin terakhir ini bisa jadi titik balik yang ditunggu-tunggu oleh tren bullish.
Jika Bitcoin gagal memantul naik sebelum penutupan lilin mingguan, dapat diduga untuk jangka menengah tren Bitcoin tidak akan membaik dan Anda bisa melupakan melihat level tertinggi tahunan baru atau level tertinggi sepanjang masa di tahun 2019.
Prospek Mingguan Bitcoin
Dengan menggunakan tiga indikator penting (Bollinger Bands, Relative Strength Index, Moving Average Convergence Divergence) pada grafik harian, trader bisa mulai mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang yang mungkin terjadi dalam sepekan ke depan.
Menurut BB (Bollinger Bands, red) yang bisa dilihat pada grafik jangka waktu harian Bitcoin, kripto ini berada tepat di atas level support, yang pada saat penulisan sekitar $7.953, berarti potensi naik di sini adalah di kisaran $9.590 jika harga bergerak menuju MA (moving average, red) dari indikator BB dan $11.350 jika harga menembusnya.
Trader tidak boleh terlalu bersenang hati lantaran Bitcoin telah menerobos level support sepanjang minggu. Level support mingguan adalah di sekitar $7.600 dan pergerakan di bawah level itu dapat menandakan bahwa Bitcoin siap untuk menghadapi siklus tren bearish lain. MA bulanan adalah di kisaran $7.000 dan support terendah di level $2.500.
Akankah Libur ‘Minggu Emas’ di Cina Berdampak pada Harga Bitcoin?
Satu hal yang ada dalam grafik dan hal lain yang perlu diawasi. Grafik memberikan sinyal bervariasi minggu ini yang mengarah kepada aksi harga yang bergerak dalam kisaran terbatas. Namun, satu faktor yang mungkin diabaikan para analis adalah hari libur nasional selama sepekan di Cina yang disebut Minggu Emas (Golden Week).
Libur itu berlangsung mulai dari 1 Oktober hingga 7 Oktober dan kembali pada tahun 2004 ada seruan agar libur nasional itu dikurangi akibat gangguan yang ditimbulkannya terhadap perekonomian reguler. Akan tetapi apakah ini akan berdampak pada harga Bitcoin masih perlu harus dipelajari, bagaimanapun mungkin saja aksi jual minggu lalu dipengaruhi oleh libur yang panjang ini.
Karena terdapat komunitas investor kripto yang besar di Cina, liburan tersebut bisa mengarah pada aksi jual yang lebih luas yang akan membuat investor kripto di dunia Barat pusing dan bingung lantaran harga Bitcoin yang terus turun.


0 komentar:

Posting Komentar