Senin, 24 Agustus 2015

Aceh Besar juara umum expo ternak berhadiah total Rp400 juta

Banda Aceh (ANTARA News) - Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih kembali juara umum pada Expo Ternak ke 6 Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah, 21-23 Agustus 2015.

"Alhamdulillah Aceh Besar berhasil mempertahankan prestasi pada Expo tingkat provinsi yang digelar di Aceh Tengah," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Aceh Besar, Ahmad Tarmizi di Banda Aceh, Minggu.

Ia mengatakan pada tahun sebelumnya, Kabupaten Aceh Besar juga keluar sebagai juara umum pada expo ternak tingkat provinsi.

Sementara itu Kadis Peternakan dan Perikanan Aceh Tengah, Rahmandi selaku Ketua Pelaksana mengatakan Expo Ternak merupakan kegiatan promosi dan ajang memotivasi peternak untuk melakukan modernisasi usaha peternakan yang telah ditetapkan Pemerintah Aceh sebagai agenda tahunan.

"Expo ternak ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Aceh," katanya.

Ada pun jenis ternak yang mengikuti Expo Ternak Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di daerah Dataran Tinggi Gayo itu adalah jenis ternak hasil inseminasi buatan (IB) adalah kategori Sapi Bali, Sapi Simental, Sapi Brahman, Sapi Limousine dan Sapi hasil IB untuk kategori bebas.

Sedangkan ternak yang bukan hasil Inseminasi buatan adalah untuk kategori kerbau, kuda Gayo dan sapi Aceh, yang merupakan sumber daya genetik ternak lokal yang harus dipertahankan dan dikembangkan.

Expo Ternak ke-6 tingkat Provinsi Aceh di Kabupaten Aceh Tengah pada 21-23 Agustus 2015 yang diikuti sebanyak 162 ternak dari seluruh daerah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu memperebutkan total hadiah Rp400 juta.

Sedangkan untuk perhelatan pacuan kuda tradisional Gayo tahun 2015 diikuti sebanyak 330 ekor kuda yang berasal dari tiga kabupaten serumpun yakni Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Ada pun 330 ekor kuda yang ikut perlombaan dengan total hadiah Rp252 juta itu terdiri dari 198 ekor dari Aceh Tengah, 89 ekor dari Bener Meriah dan 43 ekor dari Gayo Lues.

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

0 komentar:

Posting Komentar