Jumat, 12 Agustus 2016

Klaim Pengangguran Mingguan AS Turun, Greenback Berpotensi Menguat

Data Fundamental yang rilis pada sesi New York hari kamis malam(11/8) datang dari Departemen Tenaga Kerja AS dimana melaporkan jumlah warga negeri Paman Sam yang mengajukan tunjangan pengangguran menurun sehingga memberikan sentimen positif bagi Greenback untuk menguat versus berbagai major currency.

Jumlah Unemployment Claims mingguan AS seperti yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja menunjukan telah terjadi sedikit penurunan klaim pengangguran di angka 266 k. Perhitungan yang berakhir pada tanggal 6 Agustus lalu lebih baik dari periode sebelumnya 267 k dan hasil Klaim pengangguran yang rilis malam ini bertolak belakang dengan prakiraan ekonom dimana sebelumnya memprediksi akan terjadi lonjakan hingga 272 k.
Tidak ada kejutan dari laporan Unemployment Claims tersebut dimana hampir sama dengan periode sebelumnya dan dapat disimpulkan bahwa Jobless Claims AS masih berada didekat level terendah 4 dekade dimana mengindikasikan bahwa trend pasar tenaga kerja AS tetap berada di jalur pemulihan yang berkelanjutan.
Hasil rilis data Unemployment Claims mingguan AS berada di angka 266 k atau sudah menginjak pekan ke- 75 secara beruntun Jobless Claims berada di bawah level 300 k dan itu merupakan periode terpanjang sejak tahun 1970.
Sebagian besar pengusaha AS masih mempertahankan dan menerima lebih banyak tenaga kerja dimana hal tersebut menjadi faktor penyebab Umemployment Claims bertahan di dekat level terendah. Selain itu faktor lainnya seperti pertumbuhan pasar tenaga kerja AS bertahan dalam performa positif dan tingkat pertumbuhan upah pekerja AS bulan Juli lalu mengalami lonjakan 0.3 persen.
Tampaknya belanja konsumen akan menopang perekonomian AS sepanjang tahun 2016 ini apabila pertumbuhan pasar tenaga kerja dan kenaikan upah perkerja bertahan di trend positif. Saat berita ini diturunkan Greenback mencoba menguat versus berbagai major currency, pair EUR/USD berada di level 1.1160, pair GBP/USD berada di level 1.2978, pair USD/JPY berada di level 101.34 dan pair USD/CHF berada di level 0.9730.

0 komentar:

Posting Komentar