Selasa, 21 Juni 2016

Uni Eropa rencanakan pertemuan darurat apabila Brexit terjadi

Pejabat Eropa merencanakan melakukan serangkaian pertemuan darurat apabila Inggris keluar dari blok perdagangan terbesar di dunia Uni Eropa, yang bertujuan untuk menenangkan pasar keuangan dan menghindari efek domino dalam pelemahan ekonomi, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

Beberapa hari jelang referendum yang sangat dicermati untuk keanggotaan Inggris di Uni Eropa, ada peningkatan kekhawatiran bahwa suara yang menginginkan Inggris keluar dari blok itu memenangi referendum, seiring jajak pendapat terbaru menunjukkan lonjakan dukungan untuk kubu ˜Keluar™.
Para pejabat Uni Eropa sangat khawatir tentang efek domino menyebar ke dua negara zona euro lainnya: Irlandia, yang ekonominya terkait erat dengan Inggris, dan Portugal. Untuk yang terakhir, sistem perbankan yang bermasalah tergantung pada kredit murah dari Bank Sentral Eropa dan bisa dipotong jika yang perusahaan terakhir dari empat perusahaan rating kredit utama menurunkan sovereign rating Portugal menjadi status junk.
ECB yang berbasis Frankfurt diharapkan untuk memberikan pernyataan yang dimaksudkan untuk menenangkan kekhawatiran seperti yang terjadi pada Jumat pagi lalu jika hasil referendum menunjukkan bahwa Inggris. akan meninggalkan Uni Eropa, kata para pejabat.
Di Brussels, para pemimpin lembaga Uni Eropa akan berkumpul Jumat pagi untuk membahas hasil referendum dan mengeluarkan pernyataan bersama, eksekutif Uni Eropa yang merupakan juru bicara Komisi Eropa, , mengatakan.

0 komentar:

Posting Komentar