Senin, 26 Maret 2018

PT Equityworld Samarinda : AS mengirim daftar yang harus dilakukan Cina untuk mengurangi ketidakseimbangan perdagangan: WSJ

PT Equityworld Samarinda : Amerika Serikat meminta Cina dalam sebuah surat pekan lalu untuk memotong tarif pada autos AS, membeli lebih banyak semikonduktor buatan AS dan memberi perusahaan AS akses lebih besar ke sektor keuangan China, Wall Street Journal melaporkan pada hari Senin, mengutip sumber tanpa nama.

Alarm atas kemungkinan perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia telah meresahkan pasar keuangan karena investor meramalkan konsekuensi yang mengerikan jika hambatan perdagangan naik karena upaya Presiden Donald Trump untuk memotong defisit AS dengan China.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mencatat langkah-langkah yang Washington ingin China untuk mengambil surat kepada Liu He, wakil perdana menteri yang baru ditunjuk yang mengawasi ekonomi China, kata Journal, mengutip sumber dengan pengetahuan tentang masalah ini.

Surat kabar itu melaporkan bahwa Mnuchin sedang mempertimbangkan kunjungan ke Beijing untuk mengejar negosiasi.


Baca:


Kekhawatiran perang dagang meningkat awal bulan ini setelah Trump pertama kali menampar tarif impor baja dan aluminium, dan kemudian pada hari Kamis secara khusus menargetkan China dengan mengumumkan rencana untuk tarif hingga $ 60 miliar barang-barang Cina.

Pada hari Jumat, China melepaskan tembakan peringatan sebagai tanggapan atas tarif AS pada baja dan aluminium dengan menyatakan rencana untuk memungut bea masuk tambahan hingga $ 3 miliar impor AS.

Beijing juga bisa menimbulkan rasa sakit pada perusahaan multinasional AS yang bergantung pada China untuk bagian yang substansial dan terus meningkat dari total pendapatan mereka, kata Alex Wolf, ekonom senior emerging markets di Aberdeen Standard Investments.

"Ini dapat menempatkan perusahaan-perusahaan AS seperti Apple (O: AAPL), Microsoft (O: MSFT), Starbucks (O: SBUX), GM (N: GM), Nike (N: NKE), dll. Di jalur tembak, "Kata Wolf.

China dapat meningkatkan beban regulasi pada perusahaan AS melalui inspeksi dan aturan baru; larangan bepergian; berhenti memberikan lisensi ekspor barang setengah jadi utama; meningkatkan beban pajak pada perusahaan multinasional AS di China; atau memblokir perusahaan AS dari pasar pengadaan pemerintah, katanya. Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda

0 komentar:

Posting Komentar