Senin, 12 Maret 2018

PT Equityworld Samarinda : China memperingatkan kenaikan tarif Trump mengancam perdagangan global

PT Equityworld Samarinda – Jerman mengecam langkah Presiden Donald Trump untuk memberlakukan tarif impor logam A.S., mengatakan bahwa Eropa memerlukan tanggapan terpadu terhadap ancaman tersebut dan menggema kritik dari China bahwa mereka mempertaruhkan kesalahan sistem perdagangan global.

Trump menetapkan tarif impor pada hari Kamis sebesar 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminium, yang mulai berlaku dalam 15 hari, meskipun Washington membuka jalan untuk beberapa pengecualian keesokan harinya setelah mendapat tekanan dari sekutu.

"Kebijakan Trump menempatkan urutan ekonomi global bebas yang berisiko," Menteri Perekonomian Jerman Brigitte Zypries mengatakan kepada Reuters pada hari Minggu dalam sebuah pernyataan email.

"Dia tidak ingin memahami arsitekturnya, yang didasarkan pada sistem pasar terbuka berbasis aturan. Siapa pun, siapa yang mempertanyakan ini, membahayakan kemakmuran, pertumbuhan dan lapangan kerja."

Beberapa jam sebelumnya di Beijing, Menteri Perdagangan China Zhong Shan mengatakan bahwa setiap perang dagang dengan Amerika Serikat hanya akan membawa bencana bagi ekonomi dunia.

Industri pengolahan baja dan aluminium A.S. juga mengkritik tarif saat mengarahkan mereka dengan biaya lebih tinggi.

Zypries menambahkan bahwa Eropa perlu menghindari terbaginya tawaran Trump untuk membebaskan beberapa sekutu seperti Meksiko, Kanada dan Australia.

Eropa adalah pengekspor baja terbesar ke Amerika Serikat, terhitung hampir 5 juta ton total impor tahunan sekitar 35 juta, dan Brussels telah memperingatkan Trump bahwa hal itu akan memberlakukan tindakan balasan jika dipukul.

Namun Uni Eropa dan Jepang pada hari Sabtu mendesak Amerika Serikat untuk memberikan pembebasan, dengan Tokyo menyerukan "perilaku berkepala dingin".

CARMAKERS DI BAWAH ANCAMAN

Jika terjadi pembalasan UE, Trump mengancam juga akan memukul produsen mobil Eropa dengan tarif impor. Baca: PT Equityworld Samarinda : Dollar tergelincir saat Investor Confidence Returns

Langkah tersebut akan sangat berbahaya bagi Jerman, ekonomi terbesar di Eropa dan merupakan landasan industri otomotifnya, karena A.S. adalah salah satu pasar utama pembuat mobilnya, dan bagian kendaraan dan kendaraan merupakan sumber pendapatan terbesar Jerman untuk ekspor barang.

Bernhard Mattes, kepala asosiasi mobil VDA Jerman, mengatakan kepada harian bisnis Handelsblatt bahwa pembuat kebijakan harus menghindari perang perdagangan dengan segala cara, mencatat bahwa BMW (DE: BMWG) dan produsen mobil Jerman lainnya juga merupakan salah satu eksportir terbesar A.S. di sektor ini.

Komisaris Persaingan Eropa Margrethe Vestager mengatakan kepada surat kabar Jerman Bild am Sonntag bahwa, jika pembicaraan untuk menjamin pembebasan gagal, Brussel akan memberlakukan tindakan balasan.

PT Equityworld Samarinda : "Kami telah membangun sistem perdagangan global selama beberapa dekade. Kemakmuran Eropa dan jutaan pekerjaan bergantung padanya - dan Eropa tidak akan diam dengan jika seseorang mengajukan tuntutan perdagangan dunia bebas," Vestager menambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar