Rabu, 11 September 2013

Kekhawatiran utang di zona euro terus menggerus emas


Financeroll — Emas melemah selama perdagangan pagi AS Senin, karena kekhawatiran bahwa Spanyol akan membutuhkan bailout utang besar-besaran dan kekhawatiran baru atas keluarnya Yunani dari zona euro mendorong investor mencari dolar AS, aset yang relatif aman.

Yield obligasi 10 tahun Spanyol naik mencapai rekor 7.57% Senin, jauh di atas ambang 7% yang dianggap tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, di tengah kekhawatiran bahwa Spanyol akan membutuhkan bailout penuh setelah negara bagian Murcia diikuti Valencia akan meminta bantuan keuangan dari Madrid akhir pekan lalu.
Sementara itu, kekhawatiran atas keluarnya Yunani dari zona euro kembali mencuat, di tengah kekhawatiran apakah Athena bisa memenuhi persyaratan bailout internasional menjelang pertemuan dengan Troika Selasa.
Berita itu mendorong investor menghindari aset berisiko, seperti saham dan komoditas, dan berduyun-duyun ke aset yang secara tradisi safe haven seperti dolar dan obligasi AS.
Euro anjlok ke level terendah sejak Juni 2010 terhadap dolar AS, sementara indeks dolar, yang mencatat kinerja greenback terahdap enam mata uang utama lainnya, naik 0,5% diperdagangkan pada level 84,04, tertinggi sejak Juli 2010 .
Pada perdagangan di divisi Comex, New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Agustus diperdagangkan pada level $1.571,05 per ons pada perdagangan pagi AS, atau merosot 0,75%.
Pada perdagangan lain di Comex, perak untuk pengiriman September anjlok 1,75% diperdagangkan pada level USD26,82 per ons, sementara tembaga untuk pengiriman September merosot 2,75% diperdagangkan di level terendah empat pekan USD3,354 per pon.

0 komentar:

Posting Komentar