Selasa, 22 Desember 2015

Arsenal tundukkan City 2-1

London (ANTARA News) - Tuan rumah Arsenal berhasil menundukkan Manchester City dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-17 Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, London, Selasa pagi WIB.

Tuan rumah mencetak dua gol di babak pertama lewat pada menit 33 dan Olivier Giroud pada menit 45+1', sementara gol balasan City baru diperoleh pada menit 82 dari tendangan sentuhan pertama Yaya Toure.

Berkat kemenangan tersebut, Arsenal menegaskan posisinya di peringkat kedua klasemen dengan raihan 36 poin hanya terpaut dua poin dari pimpinan klasemen Leicester City (38) dan menjauh dari kejaran City (32) di tempat ketiga.

Apabila dilihat dari angka statistik, maka City terlihat jelas mendominasi jalannya pertandingan dengan Opta mencatat tim besutan Manuel Pellegrini itu memiliki 63 persen penguasaan bola dan melepaskan 20 percobaan tembakan.

Namun demikian dari seluruh percobaan tersebut hanya enam yang menemui sasaran dan berbuah satu gol saja, berbanding terbalik dari Arsenal yang menemui sasaran sebanyak lima kali dari delapan percobaan tembakan.

Kehadiran kembali Sergio Aguero yang sempat dibekap cedera sejak akhir November lalu, nyatanya belum memberikan dampak yang berarti bagi City di laga tersebut.

Kevin De Bruyne seharusnya bisa membuka keunggulan untuk City pada menit 32 saat menguasai bola di dalam kotak penalti, namun keputusannya menembak hanya menempatkan bola jauh dari sasaran sementara David Silva tersedia sebagai opsi umpan dan berada dalam posisi tanpa kawalan.

Kegagalan tersebut harus dibayar mahal oleh City, karena semenit berselang giliran Arsenal yang melakukan serangan dan Walcott berhasil memanfaatkan umpan assist Mesut Oezil dengan sebuah penyelesaian tendangan lengkung kaki kanan ke sudut gawang yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Joe Hart. Arsenal unggul 1-0 atas City.

Keunggulan tersebut hampir segera digandakan pada menit 37 bila saja bola bola tendangan bebas Oezil berhasil disambut oleh segerombolan rekan-rekannya di dalam kotak penalti.

Namun Arsenal akhirnya sukses menggandakan keunggulan mereka di menit perpanjangan babak pertama, lewat penyelesaian Giroud atas umpan matang Oezil.

Memasuki babak kedua, Pellegrini menambah daya gedor dengan menarik keluar Fabian Delph untuk digantikan Raheem Sterling.

Namun hal itu tak cukup menghasilkan apapun, justru Arsenal sempat berpeluang memperbesar keunggulan bila saja Joel Campbell sukses menyelesaikan umpan Laurent Koscielny pada menit 55, sehingga pada menit 63 Aguero yang dinilai kurang efektif diganti oleh Wilfried Bony.

Mengantisipasi hal tersebut, Arsene Wenger mencoba mengamankan keunggulan dengan menurunkan bek Kieran Gibbs menggantikan penyerang sayap Joel Campbell pada menit 70.

Hal itu cukup efektif, hingga memaksa Pellegrini mencoba kreativitas serangan baru lewat mengganti Silva dengan Jesus Navas.

Meski tak langsung berhasil, City akhirnya mencetak gol pada menit 82 melalui tendangan sentuhan pertama Toure menyambut bola umpan mantan punggawa Arsenal Bacary Sagna.

Namun gol itu terlalu lambat datang, dan Wenger segera berreaksi dengan menambah tebal tembok pertahanan dengan menurunkan Calum Chambers menggantikan Walcott.

Strategi itu terbukti berhasil mempertahankan keunggulan Arsenal hingga peluit akhir laga usai berbunyi.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim di awal laga seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Hector Bellerin, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Mathieu Flamini, Aaron Ramsey; Theo Walcott (Calum Chambers), Mesut Oezil (Alex Oxlade-Chamberlain), Joel Campbell (Kieran Gibbs); Olivier Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Manchester City (4-3-3): Joe Hart (PG); Bacary Sagna, Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, Aleksandar Kolarov; Fernandinho, Yaya Toure, Fabian Delph (Raheem Sterling); Kevin De Bruyne, Sergio Aguero (Wilfried Bony), David Silva (Jesus Navas)
Pelatih: Manuel Pellegrini
Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

0 komentar:

Posting Komentar