Kamis, 12 April 2018

PT Equityworld Futures Samarinda : Saham menguat, minyak melonjak karena meningkatnya ketegangan Timur Tengah

PT Equityworld Futures Samarinda – Saham-saham berada di bawah tekanan pada Kamis karena ancaman tindakan militer AS yang akan segera terjadi di Suriah mengguncang para investor dan mengirim harga minyak ke level tertinggi sejak akhir 2014 karena kekhawatiran tentang potensi gangguan terhadap pasokan dan distribusi.

Saham Eropa diharapkan datar ke bawah, dengan futures untuk Jerman Dax (FDXc1) (GDAXI), Cac Perancis (FCEc1) (FCHI) dan FTSE Inggris (FFIc1) (FTSE) semua diperdagangkan sedikit lebih rendah.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang (MIAPJ0000PUS) tergelincir 0,4 persen sementara Nikkei Jepang (N225) turun tipis 0,1 persen.

Pada hari Rabu, S & P 500 (SPX) kehilangan 0,55 persen dan Nasdaq Composite (IXIC) turun 0,36 persen sementara saham energi (SPNY) naik lebih dari 1 persen karena kenaikan harga minyak.

Trump menyatakan bahwa rudal "akan datang" di Suriah, mengejek Rusia untuk mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah dugaan serangan kimia terhadap pemberontak. Damaskus dan Moskow membantah bertanggung jawab.

Baca: PT Equityworld Samarinda : Saham Asia Terpengaruh Ketegangan Perdagangan AS-Cina dan Suriah

Komentarnya mengangkat prospek konflik langsung atas Suriah untuk pertama kalinya antara dua kekuatan dunia yang mendukung pihak yang bertikai dalam perang saudara yang berusia tujuh tahun, yang juga telah meningkatkan persaingan antara Arab Saudi dan Iran.

"Tahun lalu Rusia dan Suriah tidak membalas terhadap rudal AS. Namun kali ini skala kemungkinan serangan oleh AS dan mungkin sekutunya tampak lebih besar. Jika Rusia membalas, front perang akan lebih besar," kata Hidenori Suezawa, keuangan. analis pasar di SMBC Nikko Securities.

"Saya tidak berpikir kita menuju ke Perang Dunia Ketiga tetapi harus ada tabrakan langsung antara AS dan Rusia untuk pertama kalinya, itulah jenis informasi utama yang akan menceburkan harga saham," tambahnya.

Ketegangan meningkat di depan lain ketika Arab Saudi mengatakan pasukan pertahanan udaranya mencegat tiga rudal balistik yang ditembakkan di Riyadh dan kota-kota lain oleh Houthis Yaman.

Trump juga mengancam akan menarik diri dari kesepakatan nuklir yang terjadi pada tahun 2015 dengan Teheran.

Nobuhiko Kuramochi, kepala strategi di Mizuho Securities, mengatakan kekeruhan yang dirasakan Trump pada banyak masalah dari Suriah untuk tarif impor dari mitra dagang utama menjelang pemilihan jangka menengah membuat sulit bagi pasar untuk fokus pada fundamental ekonomi.

"Ini seolah-olah Trump melakukan permainan ayam melawan Cina, permainan ayam melawan perusahaan dan permainan ayam melawan pasar ... Bahkan jika fundamental ekonomi kuat, itu akan sulit untuk fokus hanya pada mereka," kata Kuramochi.

Kekhawatiran akan lebih banyak konfrontasi di Timur Tengah telah meningkatkan harga minyak serta aset safe-haven seperti emas.

Baik patokan minyak mentah dan global AS Brent diperdagangkan pada tingkat tertinggi sejak 2014 karena kekhawatiran geopolitik membayangi penumpukan kejutan dalam persediaan minyak mentah AS.

Minyak mentah berjangka AS (CLc1) diperdagangkan pada $ 67,10 per barel, setelah naik 8,1 persen sejauh minggu ini. Mereka telah diperdagangkan setinggi $ 67,45 pada hari Rabu, level yang terakhir terlihat pada Desember 2014.

Brent (LCOc1) diperdagangkan pada $ 72,26 per barel, setelah menyentuh tertinggi $ 73,09 pada hari Rabu.

Emas berdiri di $ 1,353.10 per ounce, setelah naik ke $ 1,365.30 pada hari Rabu. Penembusan di atas level tertinggi 25 Januari $ 1,365,8 akan membawa logam kuning ke tertinggi terakhir yang terlihat pada Agustus 2016.

Di pasar mata uang, yen dibantu oleh risk averse mood.

Dolar melemah menjadi 106,82 yen, setelah kehilangan momentum setelah mencapai tertinggi lima minggu di 107,49 seminggu yang lalu.

Euro (EUR =) diperdagangkan pada $ 1,2370, setelah naik untuk hari keempat berturut-turut pada hari Rabu. Namun, mata uang sebagian besar berada dalam pola holding sejak akhir Januari.

Rubel Rusia stabil pada hari Rabu setelah dua hari penjualan berat karena kekhawatiran tentang konflik Suriah dan sanksi hukuman baru oleh Amerika Serikat.

Ini ditutup sekitar 62,59 terhadap dolar, masih turun lebih dari 7 persen sejauh minggu ini.

Lira Turki diperdagangkan pada 4,1550 per dolar setelah mencapai rekor terendah 4,1944 pada hari Rabu. Lira turun lebih dari dua persen minggu ini, juga terpukul oleh kekhawatiran tentang inflasi dan bank sentral enggan untuk memperketat kebijakannya.

Kekhawatiran tentang Timur Tengah membanjiri optimisme bahwa Washington dan Beijing akan bekerja kompromi untuk menghindari perang dagang menyusul pidato Presiden Cina Xi Jinping pada hari Selasa.

Mengingat ketidakpastian pada diplomasi dan perdagangan, berita ekonomi saat ini memiliki kepentingan sekunder bagi investor.

Risalah pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve pada 20-21 Maret dirilis pada hari Rabu menunjukkan semua pembuat kebijakan merasa bahwa ekonomi AS akan menguat lebih lanjut dan inflasi akan naik dalam beberapa bulan mendatang.

Angka inflasi konsumen AS menyamai perkiraan ekonom.

Harga jatuh untuk pertama kalinya dalam 10 bulan dari bulan sebelumnya di bulan Maret, tetapi CPI inti naik 2,1 persen tahun ke tahun, kenaikan terbesar sejak Februari 2017, karena hambatan dari penurunan harga tahun lalu untuk rencana layanan seluler turun diluar perhitungan.

Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda

0 komentar:

Posting Komentar