Selasa, 17 April 2018

PT Equityworld Futures Samarinda : Trump Bucks Treasury di Ripping China, Rusia sebagai FX Meddlers

PT Equityworld Futures Samarinda – Presiden Donald Trump menuduh Cina dan Rusia mendevaluasi mata uang mereka, melanggar pandangan pemerintahnya sendiri bahwa tidak ada mitra dagang utama yang manipulator mata uang.

Trump mengambil ke Twitter pada hari Senin untuk menyatakan bahwa China dan Rusia memainkan apa yang ia sebut "permainan devaluasi mata uang" pada saat Federal Reserve AS menaikkan suku bunga. “Tidak dapat diterima !,’ ’Trump menulis.

Komentarnya bertentangan dengan laporan semi-tahunan Departemen Keuangan pada hari Jumat yang menahan diri dari penamaan negara manapun sebagai manipulator mata uang berdasarkan kriteria tertentu.

Seorang juru bicara Departemen Keuangan merujuk pertanyaan ke Gedung Putih.

PT Equityworld Futures Samarinda : Trump Bucks Treasury di Ripping China, Rusia sebagai FX Meddlers


Serangan itu menambahkan bahan bakar ke perselisihan perdagangan antara AS dan Cina dan menarik kritik cepat dari Rusia, yang mana Gedung Putih baru-baru ini menjatuhkan sanksi dan bentrok dengan Suriah. Indeks Bloomberg Dollar merosot ke level terendah sejak 26 Maret menyusul tweet Trump, sementara Treasury berfluktuasi.

"Dasar untuk tuduhan ini tidak dapat dimengerti, dan itu hanya menimbulkan senyum, karena baik bisnis dan pemerintah tertarik pada mata uang nasional yang stabil," kata Anatoly Aksakov, ketua komite pasar keuangan rumah parlemen rendah Rusia, menurut layanan berita negara RIA Novosti.

Trump berulang kali mengecam Beijing karena gagal mengurangi surplus perdagangannya dan membuka pasarnya untuk investasi Amerika. Namun yuan China, telah menguat sekitar 10 persen terhadap dolar selama 12 bulan terakhir, naik pada Maret ke level terkuat sejak Agustus 2015.

Baca: PT Equityworld Samarinda : Saham Asia goyah setelah data China, laba dalam fokus

Rubel telah melemah lebih dari 9 persen terhadap dolar pada tahun lalu, dengan banyak penurunan setelah pengenalan sanksi AS terhadap puluhan taipan Rusia, perusahaan dan sekutu kunci Presiden Vladimir Putin. AS mengatakan pada hari Senin bahwa akan memutuskan dalam waktu dekat apakah akan memberlakukan sanksi tambahan terhadap Rusia.

Pendapat Trump bahwa perang mata uang ada di depan mata datang ketika para gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari seluruh dunia bersiap untuk berkumpul di Washington untuk pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional minggu ini.

Laporan mata uang asing Departemen Keuangan pada hari Jumat meningkatkan kritik terhadap kegagalan Cina untuk memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan dengan Amerika dan mengatakan semakin “arah non-pasar” ekonomi China menghadirkan risiko terhadap pertumbuhan global. Rusia, bagaimanapun, tidak termasuk di antara 12 mitra dagang terbesar dan Swiss yang dinilai dalam laporan itu. Departemen Keuangan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk memperluas jumlah ekonomi yang dilacak dalam penelitian.

China sedang mengevaluasi dampak dari depresiasi yuan secara bertahap karena para pemimpin negara itu mempertimbangkan opsi mereka dalam spat perdagangan dengan AS, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini. Yuan yang lebih lemah membuat impor dari China ke AS lebih murah, mendorong defisit perdagangan Amerika. Presiden telah berulang kali mengeluh tentang kekurangan perdagangan AS dengan China, yang mencapai $ 337 miliar barang dan jasa tahun lalu.


Sumber Reuters di edit oleh PT Equityworld Futures Samarinda

0 komentar:

Posting Komentar