Senin, 02 April 2018

PT Equityworld Samarinda : Saham Asia memulai kuartal baru pada hari Senin, Dolar stabil

PT Equityworld Futures Samarinda – Saham Asia memulai kuartal baru pada hari Senin dengan kenaikan moderat setelah kinerja yang kuat oleh ekuitas global pekan lalu, sementara dolar tetap stabil di depan indikator ekonomi utama.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,15 persen.

KOSPI Korea Selatan datar dan Nikkei Jepang naik 0,5 persen. Shanghai naik 0,3 persen.

Wall Street melonjak Kamis lalu karena saham teknologi rebound, mengakhiri kuartal pertama yang penuh gejolak dengan catatan tinggi.

Banyak pusat keuangan besar ditutup untuk liburan Paskah Jumat Agung. Pasar di Australia, Hong Kong, Inggris dan Jerman tetap ditutup pada hari Senin sementara pasar AS akan melanjutkan perdagangan.

Baca: Profil Perusahaan PT Equityworld Futures Samarinda


Indeks ekuitas dunia MSCI berakhir 1,2 persen pekan lalu. Tapi itu kehilangan sekitar 1,5 persen pada kuartal pertama, menjauh dari rekor tertinggi karena ketegangan atas perdagangan global meningkat, gejolak di Gedung Putih semakin mendalam dan perusahaan teknologi terdepan pasar goyah pada kekhawatiran regulasi dan isu-isu lainnya.

"Kami mengharapkan pertumbuhan yang kuat dan berbasis luas untuk terus secara global," tulis ahli strategi di Barclays (LON: BARC).

Namun mereka memperingatkan bahwa ada risiko yang mengancam: "Proteksi perdagangan, ketidakpastian kebijakan ekonomi AS, kekhawatiran tentang volatilitas lintas pasar yang lebih tinggi dan premi risiko di pasar suku bunga inti memerlukan pendekatan yang lebih taktis terhadap aset berisiko."

Sementara kekhawatiran bulan lalu tentang perang perdagangan global habis-habisan telah mereda, ketegangan antara Amerika Serikat dan Cina atas tarif tit-to-tat membuat para investor gelisah.

China pada hari Senin memberlakukan tarif pada produk AS termasuk daging babi beku, anggur dan buah-buahan dan kacang-kacangan tertentu sebagai tanggapan terhadap bea masuk AS atas impor aluminium dan baja.

PT Equityworld Samarinda : Dalam mata uang, dolar stabil pada 106,350 yen, sementara euro hampir tidak berubah pada level $ 1,2317.


Greenback telah memperoleh sekitar 0,6 persen terhadap sekeranjang enam mata uang utama pekan lalu dibantu oleh kombinasi faktor termasuk kemajuan yang dirasakan pada isu-isu Korea Utara.

Indeks dolar masih turun lebih dari 2 persen pada kuartal terakhir, menandai penurunan kuartal kelima berturut-turut.

"Daftar indikator penting akan dirilis minggu ini, yang dapat membantu sentimen pasar tetap meskipun kekhawatiran perdagangan AS-Cina dan risiko geopolitik lainnya terus berlama-lama di latar belakang," kata Koji Fukaya, presiden di FPG Securities di Tokyo.

Data AS yang dijadwalkan minggu ini termasuk indeks manufaktur Institute for Supply Management (ISM) hari Senin, indeks ISM non-manufaktur hari Rabu dan laporan gaji non-pertanian pada hari Jumat.

Harga minyak mentah memperpanjang kenaikan, terangkat oleh penurunan aktivitas pengeboran AS serta oleh ekspektasi bahwa Amerika Serikat dapat memperkenalkan kembali sanksi terhadap Iran. Baca:

PT Equityworld Samarinda : Dolar stabil vs yen, pedagang waspada terhadap ketegangan perdagangan global


Pengebom AS memotong tujuh rig minyak dalam seminggu hingga 29 Maret, sehingga jumlah total turun menjadi 797. Ini adalah pertama kalinya dalam tiga minggu rig-count jatuh.

Minyak mentah AS berjangka naik 0,3 persen menjadi $ 65,14 per barel dan Brent naik 0,5 persen menjadi $ 69,67 per barel.

"Investor mengambil petunjuk mereka dari penurunan jumlah pengeboran AS," Wang Xiao, kepala penelitian minyak mentah dengan Guotai Junan Futures mengatakan.

"Tetapi meningkatkan gesekan perdagangan antara China dan AS kemungkinan akan mengguncang pasar global dan menodai sentimen bullish di pasar minyak mentah."

PT Equityworld Futures Samarinda

0 komentar:

Posting Komentar