Kamis, 03 Maret 2016

Cuaca Bangka Tengah saat GMT dinilai mendukung

Koba (ANTARA News) - Cuaca di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada saat terjadinya fenomena alam gerhana matahari total (GMT) diperkirakan cukup mendukung sehingga tidak akan menjadi kendala bagi pengunjung yang datang dari berbagai daerah dan mancanegara.

"Berdasarkan prakiraan dari BMKG cuaca di Bangka Tengah saat terjadi GMT bakal sangat mendukung dan ini tentu sangat membantu masyarakat dalam menyaksikan fenomena alam langka itu," kata Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah sudah melakukan persiapan yang cukup matang dalam rangka monyongsong datangnya gerhana matahari total dengan mengambil titik pantau di sepanjang pantai Desa Terentang III.

"GMT diprediksi terjadi pada 9 Maret 2016 sekitar pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB dan kami termasuk daerah yang cukup siap menyambutnya," ujarnya.

Ia menyatakan hingga kini tidak pernah menggunakan pawang cuaca karena sepenuhnya diserahkan kepada Allah SWT sebagai penguasa langit dan bumi.

"Kami tidak penggunakan pawang cuaca, semuanya diserahkan kepada Allah SWT, kalau Sang Pencipta sudah berkehendak maka itu akan terjadi," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut GMT agar memiliki daya tarik bagi pengunjung dari berbagai daerah dan negara.

"Di antara kegiatan yang digelar untuk menyambut GMT adalah permaian tradisional yang unik dan menarik di antaranya kereta sorong, sepakbola api, dan sejumlah permainan lokal lainnya," katanya.

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

0 komentar:

Posting Komentar