Senin, 07 Maret 2016

Ketua Umum MUI sebagai imam shalat GMT 2016

Koba (ANTARA News) - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (BUI), KH Ma'ruf Amin akan bertindak sebagai imam shalat gerhana saat terjadi gerhana matahari total (GMT) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (9/3) pagi.

"Imam shalat gerhana adalah Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dan jamaahnya tentu para pengunjung," ujar Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Muchlisin di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, lokasi shalat gerhana berada di pinggir pantai di Desa Terentang III dengan panjang sekitar empat kilometer.

"Diperkirakan jamaah yang ikut shalat gerhana matahari mencapai ribuan orang karena pengunjung sudah mulai berdatangan sejak Sabtu (5/3) sore," ujarnya.

Ia mengatakan, lokasi untuk shalat gerhana sudah dibersihkan dan disterilkan dari aktivitas manusia agar benar-benar bersih.

"Lokasinya sudah kami siapkan beberapa hari yang lalu, sekarang sudah bersih dan siap dipakai untuk tempat shalat gerhana," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga sudah mempersiapkan fasilitas pendukung lainnya termasuk kacamata khusus untuk melihat gerhana dan teleskop.

"Kacamata khusus untuk melihat gerhana kami siapkan sebanyak 5.500 unit dan sebanyak 10 unit teleskop," ujarnya.

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

0 komentar:

Posting Komentar