Jakarta (ANTARA News) - Branding pariwisata Wonderful Indonesia sukses
meraih penghargaan "Pays dHonneur" dalam pameran pariwisata Salon
International du Tourisme de Nantes di Kota Nantes, Prancis, pada 26-28
Februari 2016.
"Kami terpilih jadi negara tamu dengan branding Wonderful Indonesia
paling komprehensif. Jadi pays dhonneur di International du Tourisme de
Nantes pun memberikan special award kepada taktik berpromosi menancapkan
branding di seluruh pusat keramaian di Kota Nantes, Prancis Barat,"
kata Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah,
Amerika, dan Afrika Nia Niscaya, di Jakarta, Kamis.
Menurut Nia, pengunjung yang mampir ke Paviliun Wonderful Indonesia
dari 40.000 orang pengunjung pameran itu sangat antusias dan ingin tahu
soal pariwisata Indonesia.
Pihaknya memantau sebagian besar pengunjung stand Indonesia adalah
keluarga, pasangan usia pensiun, dan mahasiswa pendidikan pariwisata.
Menurut statistik nasional Prancis, INSEE, penduduk di pantai barat
(provinsi Bretagne dengan ibukota Rennes dan Pays de la Loire dengan
ibukota Nantes) termasuk provinsi dengan pendapatan per kapita tertinggi
di Prancis.
"Penduduknya selalu meluangkan waktu untuk kegiatan liburan atau berwisata ke luar negeri," katanya.
Oleh karena itu, pihaknya kemudian menyadari potensi besar tersebut
sehingga menggandeng Kedutaan Besar RI untuk Prancis untuk turut serta
terlibat dalam promosi Wonderful Indonesia.
Pihaknya membawa serta perwakilan dari industri pariwisata seperti
Garuda Holiday France, Azimuth Travel, Kampoeng Kita, Melati Putih
Hijau, Eka Voyages, dan Don Biyu Munduk.
Pengunjung yang datang
umumnya mencari informasi mengenai Indonesia dengan touchscreen
interaktif yang menjelaskan berbagai destinasi unggulan. Ada juga
pengunjung yang berfoto pada photobooth corner dengan 12 pilihan
pemandangan alam Indonesia. Di Pavilion Indonesia, pengunjung juga bisa
menikmati penampilan misi kesenian Indonesia yang menampilkan tarian
dari berbagai daerah, kata Nia.
Pada 2015, jumlah wisatawan Prancis yang berlibur ke Indonesia mencapai 200 ribu wisatawan.
Jumlah kunjungan itu diyakini bisa melonjak hingga 250 ribu orang
seiring dengan gencarnya promosi yang dilakukan di Prancis.
Setidaknya ada 10 destinasi prioritas di Indonesia yang dipromosikan
ke masyarakat Nantes, Prancis, meliputi Bali, Jakarta, Batam, Medan,
Makassar, Yogya-Solo-Semarang, Bunaken-Wakatobi-Raja Ampat, Lombok,
Bandung, dan Banyuwangi yang diperkenalkan melalui brosur, flyer, dan
video.
Paviliun Indonesia juga mengelar acara "Indonesian Night" yang dihadiri Duta Besar RI Hotmangaradja Pandjaitan.
"Seluruh tamu yang hadir bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan
tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat," katanya.
Daya tarik lainnya, peserta pameran juga berkesempatan memenangkan
dua paket perjalanan ke Indonesia dengan mengikuti penarikan undian
berhadiah yang disponsori Kementerian Pariwisata.
Selain itu KBRI Prancis dan Garuda Indonesia Holiday France dan
Qatar Airways mengadakan undian berhadiah paket perjalanan ke Indonesia
untuk dua orang.
Jumat, 04 Maret 2016
Brand Wonderful Indonesia raih penghargaan "Pays d`Honneur"
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016
0 komentar:
Posting Komentar