Jakarta
(ANTARA News) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola Alfamart
dan Alfamidi konsisten menjalankan kegiatan sosial pada berbagai bidang.
Dalam menjalankan kegiatan sosial, SAT menerapkan konsep Corporate
Social Responsibility dan Corporate Caused Promotion (CCP) yakni
melibatkan partisipasi pelanggan dalam kegiatan sosial yang dijalankan
Perusahaan.
Program
CSR yang dijalankan SAT mengacu pada enam pilar yaitu bidang
Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (SMEs), Pendidikan (Smart), Sosial
(Care), Olahraga (Sport), Lingkungan Hidup (Clean and Green), dan Seni
Budaya (Vaganza).
“Kami
memiliki visi menjadi Toko Komunitas yang bertujuan agar keberadaan
Toko Alfamart Alfamidi memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat di
sekitarnya. CSR merupakan hal yang penting bagi kami, karena dengan
diadakannya kegiatan CSR dapat meningkatkan citra perusahaan di mata
masyarakat sehingga keberadaan perusahaan bisa diterima dengan baik,”
papar Corporate Affairs Director SAT, Solihin.
Pada Semester I Tahun 2014, SAT telah menjalankan kegiatan CSR di bidang pendidikan melalui program Alfamart Class
yang dilaksanakan untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK). Perusahaan bekerja sama dengan pemerintah guna menyusun materi
pendidikan di bidang ritel. Lulusan SMK dari Program Alfamart Class
diharapkan memiliki kompetensi di bidang ritel dan siap kerja, sehingga
dapat menjawab kebutuhan tenaga kerja pada industri ritel. Bahkan
diharapkan melahirkan entrepreneur baru di bidang ritel. Alfamart
Class telah dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI
Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Banjarmasin dan
Pemerintah Kota Banjarbaru.
Perusahaan
juga menjalankan program CSR dalam bidang Usaha Kecil dan Menengah
yaitu membina pedagang kecil di sekitar toko melalui keanggotaan Outlet
Binaan Alfamart (OBA). Dengan menjadi anggota OBA, para peritel
tradisional atau pemilik usaha warung memperoleh kemudahan mendapatkan
barang, dengan harga yang kompetitif, serta mendapatkan pelatihan ritel
modern. Pelatihan itu menjadi bekal dalam mengembangkan ritel
tradisional, agar mudah beradaptasi dengan perkembangan bisnis ritel.
Hingga Juli 2014, sebanyak 128.066 pedagang tergabung ke dalam OBA dan
terdapat 209 Warung Renovasi. Warung Renovasi merupakan warung milik
anggota OBA yang telah mendapatkan bantuan renovasi.
Selain
program Alfamart Class dan OBA, perusahaan juga konsisten menjalankan
beragam program sosial antara lain donor darah, pasar murah, khitanan
gratis, edukasi di bidang kesehatan dan kegiatan lainnya. Hal ini
dilakukan sebagai bentuk kepedulian serta respons terhadap lingkungan
sekitar.
Peran serta pelanggan
Aktivitas
sosial yang dijalankan juga dengan melibatkan pasrtisipasi pelanggan
melalui program donasi di kasir, atau yang dikenal sebagai pundi amal.
Menurut Solihin, program sosial yang dijalankan dalam pundi amal
bertujuan mendorong perbaikan kualitas hidup manusia, terutama bagi para
keluarga pra-sejahtera baik dari sisi pemberdayaan, infrastruktur
maupun kesehatan. Keterlibatan para pelanggan memungkinkan lebih banyak
masyarakat pra sejahtera yang mendapatkan bantuan“ ucap Solihin.
Pada periode 16 Desember 2013 – 15 Januari 2014 perusahaan menjalankan program donasi “Sahabat Usaha Wanita”
yang dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Wanita. Hasil
donasi yang terkumpul mencapai Rp 604.798.499. Hasil donasi seluruhnya
diserahkan kepada Yayasan Sahabat Wanita, untuk digunakan dalam program pemberdayaan ekonomi perempuan.
Upaya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan yakni kegiatan pemberdayaan
Usaha Budidaya lele Sangkuring di desa Gadog, Kab. Bogor, usaha
pemberdayaan pembuat kerupuk ketuncar Kel. Tarogong, Kab. Garut serta
Usaha Kombinasi Sulam Tapis dan Sulam Usus, Kota Metro, Provinsi
Lampung.
Pada
periode 16 Januari – 15 Februari 2014, perusahaan menjalankan program
pundi amal yang berfokus di bidang kesehatan yakni program “Rumah Singgah Alfamart-Alfamidi”. Hasil donasi sebanyak 1.579.701.364 telah digunakan untuk mendirikan Rumah Singgah bagi anak penderita kanker dan keluarga pendampingnya, serta menyelenggarakan Seminar Kanker pada Anak yang diikuti oleh tenaga medis Puskesmas.
Pada periode 16 Februari – 15 Maret 2014 diselenggarakan program donasi “Bright Eyes, Bright Future”
yang bertujuan memberikan fasilitas kesehatan mata bagi 10.000
anak-anak Indonesia. Hasil donasi mencapai Rp 1.843.058.887, seluruhnya
diserahkan kepada Yayasan Berani Bhakti Bangsa, selaku mitra SAT untuk
disalurkan dalam kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).
Perusahaan juga kembali bekerja sama dengan Yayasan Lions Club Indonesia dalam program pundi amal “Mataku Sehat" yang juga bertujuan membantu memerangi gangguan penglihatan
melalui pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis. Program pundi
amal yang dijalankan pada periode 16 Maret-15 April 2014, berhasil
mengumpulkan donasi hingga Rp 1.896.103.722. Hasil donasi disalurkan
untuk membantu 12.000 anak-anak di berbagai komunitas agar memperoleh
penglihatan yang lebih baik.
Adapun dalam bidang pendidikan, perusahaan bersama dengan UNICEF menjalankan program pundi amal “Sahabat Pendidikan Anak Indonesia”
pada periode 16 April-15 Mei 2014. Hasil donasi yang mencapai Rp
1.907.671.179 akan disalurkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan
anak melalui Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di
Indonesia yang akan dilaksanakan di 6 Provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa
Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa
Tenggara Barat.
Tahun 2014 juga menjadi tahun kedua perusahaan menyelenggarakan program pundi amal “Rumah untuk Indonesia”
yang dilaksanakan bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH)
Indonesia. Hasil donasi dari program pundi amal yang dilaksanakan pada
periode 16 Mei – 15 Juni 2014 mencapai Rp 1.880.671.053. Donasi yang
diperoleh disalurkan oleh HFH guna membangun 65 unit Rumah Layak Huni di Desa Kalialang Baru, Semarang, Jawa Tengah.
Dalam program donasi “Jembatan Untuk Masa Depan”,
perusahaan kembali bermitra dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia.
Hasil donasi pada periode 16 Juni – 15 Juli 2014 mencapai Rp
1.956.098.825 akan disalurkan untuk membangun 24 jembatan di berbagai pelosok di Indonesia.
Pada
periode donasi 16 Juli – 30 Juli 2014, perusahaan bekerja sama dengan
Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach (PSF – SDO)
untuk program donasi “Sekolah Binaan Alfamart-Alfamidi”. Hasil donasi yang terkumpul mencapai Rp 1.632.551.096 akan digunakan untuk peningkatan kualitas pendidikan
agar sekolah-sekolah yang tertinggal menjadi setara dengan
sekolah-sekolah unggulan melalui peningkatan kualitas tenaga pengajar
melalui pelatihan yang diikuti oleh seluruh guru di setiap sekolah.
Program ini akan dilaksanakan pada 3 SD di wilayah Tangerang.
Dalam
rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI, perusahaan pada periode 1
Agustus – 15 Agustus 2014 menyelenggarakan program donasi “Sahabat Veteran”
yang dilaksanakan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Veteran. Donasi
yang terkumpul akan dikelola oleh Yayasan Sahabat Veteran untuk
disalurkan untuk membantu 1.000 veteran di lima kota besar yakni Surabaya, Solo, Jakarta, Bogor dan Palembang. (*)
0 komentar:
Posting Komentar